السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Piye kabare sob…. lama gak update nih.
Mungkin agak ketinggalan juga ya bahas Honda Sonic 150… berhubung jepretan saya pas edisi test ride Sonic 150 kemaren banyak yang eror… jadi ya terpaksa bidik ulang lagi, mumpung unit’nya sudah ready di dealer Honda Tangerang…. ( kabar bagus nih buat area Tangerang yang udah kebelet ama nih motor )
Honda bisa di bilang terlambat memasarkan species motor ayago yang terjangkau di Indonesia. Mengingat sang Suzuki Satria FU sudah lama melenggang tanpa lawan sejak tahun 2000an.
Meski dahulu pernah ada Sonic 125 yang sempat jadi “motor impian” di kala saya masih remaja…
….tapi status CBU Sonic 125 cuma bikin ngimpi doang memilikinya..
Lah mahal maximal sob.. hehehe…
Ketika ditanyakan ke AHM kenapa baru brojol sekarang….
Jawabannya cukup singkat, padat dan semangat…
” karna inilah waktu yang tepat “
Wow… kayaknya optimis banget nih Sonic 150 dalam menggempur pasar Satria FU..
Nah…. apa saja sih senjata clan Honda Sonic 150 untuk “war” melawan clanSuzuki Satria FU…?
Mari kita simak defense apa saja yang ada pada Honda Sonic 150.
Headlamp Led
Gebrakan pertama di awali dengan fitur Headlamp led yang kondyang memiliki life time panjaaaaaaang dan hemat daya dengan pencahayaan jauh lebih baik di banding kompetitor bohlam konvensional.
Di desain dengan sudut-sudut tajam yang siap menusuk hati siapa saja yang melihatnya….
Barangkali ada yang mau tau daya Led’nya berapa…?
Pada data spesifikasinya tidak di tulis sob…
Tapi buat gambaran saja bahwa Led Sonic 150 ini memiliki besar arus 700mA.
Jika dipasang pada tegangan 12 volt maka akan di dapat daya 700mA ( 0,7 A) x 12 volt = 8,4 watt..
Lumayan kecil kan sob… namanya juga Led.
Soooo… gak bakal kuatir aki tekor deh… meski di nyalakan nonstop siang malam.
Engine New Generation DOHC 6 speed with liquid cooler.
Mungkin sengaja kali ya…. striping sayap Sonic ini seolah menggambarkan belahan engine yang ditutupi sayap tersebut.
Silahkan perhatikan…
Engine new generation DOHC 6 speed dengan displacemen SQUARE diracik dengan kompresi 11,3 : 1 , memiliki karakter torsi yang ganas… menantang adrenalin untuk membetot gas semakin dalam… ( testi dari yang ngetest di bawah… hayo tebak siapa…??? )
Tenaga terus berisi mulai nol sampe red line di 9500 rpm… sedang limiter dicekik pada kitiran 10.500 rpm…
Andai saja limiter di bablasin aja di 12.000 rpm pasti tambah asik tuh… xixixixi
Jika Satria FU menggunakan oil cooler sebagai senjata pendinginan…. Sonic 150 sudah lebih maju karna di bekali radiator yang akan menjaga suhu mesin….
…… plusssssss dibantu kipas electrik yang akan menyala pada suhu tertentu ( 102°C kalo gak salah )
Jadi…. meski menghadapi macetnya ibukota… kita gak perlu was-was akan overheat. Karna kipas akan membantu proses pelepasan panas mesin via coolant yang mengalir lewat kisi-kisi radiator…
Fuel Injection Programable ( PGM-Fi )
Lhaaaa ini yang bikin motor ini semakin canggih dan ramah lingkungan.
Injectornya lebih baik dari varian lain Honda.
Lubang injectornya 8 … varian lain masih 6 loh….
Kompetitor malah masih karbu….
Yah semoga Suzuki Satria FU injeksi segera mbrojol… biar seru nih pertarungan ayago injeksi….
Sensor-sensor injeksinya udah komplit sob.
Mulai dari O2 sensor, EOT sensor, Bank Angel, Speed Sensor model baru.
Nanti masalah sensor dan keunggulannya di bahas di artikel terpisah yak…
Soalnya agak beda dari sensor yang dipake pada engine DOHC 150 generasi sebelumnya (CB150R & CBR 150R)
SKS Otomatis
Secure Key Shutternya sudah menganut model otomatis yang akan menutup dengan sendirinya ketika kunci kontak di cabut pada posisi lock.
Fitur ini sudah di aplikasikan pada varian Revo 110 dan Vario 150.. dan ini adalah pertama kalinya di jejalkan pada motor sport ayago.
Velg palang ala moge plus Cakram Lebar
Saya sendiri kok malah kurang sreg ya dengan palang velg’nya… hihihi.
Lebih kelihatan kokoh velg Sonic 125.
Tapi itumah masalah selera aja kok sob.
Velg Sonic 150 ini memiliki lebar 1,85″ di bagian depan dan 2,15″ pada bagian belakang.
Di balut ban IRC dengan ukuran 70/90-17 depan dan 80/90-17 pada bagian belakang.
Piranti pengereman depan menggunakan disk ukuran lebar yang siap digigit dengan kaliper single piston segede jengkol…
Sedang belakang juga menggunakan kaliper single piston dengan disk ukuran standar.
Meski depan hanya menggunakan single piston… tapi daya pengeremannya mantep kok sob…
Fitur-fitur lainnya silahkan disimak di bawah yak… ( dah capek ngetiknya… xixixi )
Spidometer full Digital
Footstep boncenger gantung sporty.
Monoshoknya belum pro link sob
Kunci pembuka jok di belakang.
Under seat.
Buntut lancip
Banyak yang bilang kurang sedap….
Mosok sih…????
Spakbor depan duo tone
Striping atraktif
Knalpot chrome… suaranya… worrrrr… worrrrr…
Selanjutnya…….
Silahkan di pelototin aja sob…
Semoga kepingin….
by:mazped.com