Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Lemah

Cara memperbaiki aki kering tidaklah jauh berbeda dengan cara memperbaiki aki basah, karena keduanya memiliki fungsi yang sama pada kendaraan. Aki merupakan sumber listrik pada sebuah kendaraan yang meliputi double starter, klakson, lampu sein dan lain-lain. Apa bila aki anda lemah maka semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan tidak akan bekerja dengan maksimal.

Akhir-akhir ini banyak produsen – produsen otomotif sepeda motor yang beralih menggunakan aki kering, karena penggunaan aki kering di nilai jauh lebih efisien ketimbang menggunakan aki basah. Aki kering (MF) adalah aki yang bebas perawatan, jadi pengguna tidak perlu takut kehabisan air aki selama penggunaan, hal ini sangat berbeda dengan penggunaan aki basah yang harus selalu melakukan perawatan aki mengontrol ketinggian air aki tetap berada pada garis aman yang hampir di lakukan tiap bulan, karena apa bila aki basah kehabisan air aki maka aki tersebut dapat rusak.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering


Nah, bagi anda yang saat ini kendaraanya menggunakan aki kering, dan kebetulan aki tersebut mulai lemah atau bahkan tidak bisa di gunakan sebaiknya anda tunggu sebentar jangan keburu membeli aki baru, karena saya di sini akan membagikan tips pada anda bagaimana cara memperbaiki aki kering yang rusak.

Untuk memperbaiki aki kering, persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang di butuhkan berupa obeng minus (-), suntikan dan air zuur (jangan sampai keliru dengan air aki yang di gunakan untuk menambah volume air aki saat penggunaan. Air zuur adalah air aki yang di gunakan pada saat aki masih baru).

Langkah-langkah memperbaiki aki kering
1. Lepas terlebih dahulu aki dari tempatnya (untuk melepas copot kabel positif terlebih dahulu, sedang untuk memasang pasang kabel negatif terlebih dahulu)

2. Buka paksa tutup aki dengan menggunakan obeng minus atau apa saja yang penting bisa terbuka. Hal ini karena oleh pabrikan memang di lem dan ditutup rapat, dan biasanya tertera “di larang membuka tutup” karena saya akui kita orang Indonesia suka mengakali pabrik dengan meniru atau merenovasi.

Cara Memperbaiki Aki Kering


3. Setelah tutup aki terbuka, biasanya ada 6 lubang aki dengan penutup dari karet, isikan air zuur tadi kedalam aki kering kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang aki

4. Tutup kembali rapat-rapat tutup aki tadi dan bila perlu pakai lem agar rapat

5. Pasang kembali aki kedalam kendaraan anda, ingat susunan kabelnya pada no.1

6. Setelah semua terpasang rapi coba nyalakan motor dan ajak jalan dengan RPM agak tinggi selama kurang lebih 20 menit.

Setelah aki terisi penuh, maka aki akan dapat beroperasi dengan normal kembali, namun jika anda sudah melakukan cara di atas dan belum berhasil, itu tandanya anda harus membeli aki yang baru. Tidak ada salahnya mencoba trik di atas sebelum membeli aki baru, karena caranya yang sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Anda juga perlu membaca Cara Merawat Motor Injeksi dan Cara Merawat Rantai Motor

semoga tips di atas dapat membantu bagi para pemirsa karena saya sendiri juga sudah terbiasa mempraktekannya dan banyak yang berhasil meski kadang tidak berhasil. Cukup sekian dan Terima Kasih.

Temukan Via Facebook