Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Pada Rante Motor

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Pada Rante Motor
otodewa.blogspot.comMotor Anda ketahuan mengeluarkan suara-suara berisik pada bagian rantai. Coba cek sekali lagi, jika bukan karena rantai yang sudah tua sehingga terkadang kencang-kendur ketika roda sedang berputar. Atau kemungkinan yang lain bisa saja rantai memang masih sehat, tapi kebetulan saja kendur.

Jika kemungkinan di atas sudah diperiksa dan dalam kondisi baik namun tetap saja keluar suara nan membuat telinga gatal, cek lagi apakah rantai sedang dalam keadaan kering sehingga membuatnya sulit untuk bergerak. Jika didiamkan, sangat mungkin jika rantai akan cepat aus dan tak berumur lama.





Langsung saja Anda bisa melumasinya dengan pelumas minyak yang memang diperuntukkan untuk rantai. Sebisa mungkin jangan gunakan oli sisa karena selain tidak enak dipandang mata, akan malah memancing banyak sekali kotoran untuk menempel di rantai sehingga akan memperburuk masa penggunaannya.

Ketika dalam keadaan darurat seperti ini, silakan saja Anda mencoba cara alternatif dengan minyak goreng yang masih dalam kondisi bagus. Artinya bukan minyak jelantah sisa pemakaian.

Selain mudah dicari di dapur, keunggulan lain menggunakan minyak goreng terletak pada corak dasarnya yang bening hingga tak meninggalkan bekas warna.

Akan tetapi, daya lekat minyak goreng tidaklah sekuat seperti pelumas rantai. Dalam kurun waktu 1-2 hari atau jarak pemakaian tertentu, minyak akan kering dengan sendirinya.tips ini hanya ditujukan untuk darurat saja, sehingga sangat dianjurkan untuk mengecek ulang kondisi rantai ketika sudah dipakai.

Temukan Via Facebook