Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Mudik Lebaran

Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Mudik Lebaran

Hasil gambar untuk tips mudik lebaran dengan sepeda motor

Lebaran akan tiba, Hore! Hore!. Sebentar lagi menuju hari raya Idul Fitri 1435 H. Musim mudikpun sedang bergulir, berbagai macam alat transfortasi dikerahkan untuk mudik lebaran baik umum atau kendaraan pribadi.


Bagi sobat yang mudik menggunakan motor, berikut 6 hal yang harus di cek sebelum berangkat ke kampung halaman. Cekidot!!!!

1. Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan salah satu komponen penting pada motor. Perjalanan akan terganggu jika pengapian tidak beres. Busi adalah satu bagian dari sistem pengapian, bersihkan dengan hampelas busi jika sudah kotor (hitam) atau lebih bagus lagi jika di ganti yang baru. Selanjutnya jika motor masih menggunakan karburator, cek dan bersihkan darik kotoran. Jika menggunakan sistem injeksi lebih baik ke bengkel agar hasil maksimal.

2. Kampas rem.

Rem menjadi hal yang wajib di kontrol, mungkin saja kampas rem motor Anda akan segera habis. Jika sudah tipis, lebih baik di ganti saja. Anda tidak mau kan jika tiba-tiba saja di tengah perjalanan kanvas rem motor habis, sehingga harus repot2 mencari bengkel.

3. Rantai

Jika bukan motor automatic, periksa rantai motornya, ganti jika sudah aus,. Namun jika motor matic, periksa penbelnya, ganti jika sudah tipis. Hal ini penting karena jika putus dijalan rantai atau penbel tersebut akan sangat berabe dan menggangu perjalanan mudik Anda.

4. Ban

Cek tekanan angin ban motor, periksa apakah kondisi ban dalam dan ban luar masih bagus. Jika kondisi ban luar sudah tipis apalagi jika sudah keliatan kawatnya lebih baik di ganti baru saja. Kebayang kalo bocor apalagi meledak,,,, ummm siapa yg mau. Kondisi ban jelek akan sangat membahayakan karena bisa tergelicir dan celaka deh.

5. Bearing

Sebelum memulai perjalan harap periksa dulu bearing atau leher baik di bagian roda atau kemudi. Kondisi leher yang bagus akan membuat kemudi stabil untuk melibas setiap jalan yang bergelombang atau garinjul. Bearing pada roda motor berfungsi untuk menstabilkan perputaran roda stabil.

6. Pelumas

Jika sudah cukup lama, lebih baik ganti baru oli motor Anda. Dengan oli mesin atau pelumas yang masih baru akan meningkatkan performa mesin motor, dan menjaga agar kondisi mesin motor tetap prima.

Tips mudah untuk melakukan pengecekan semua hal diatas adalah bawa motor Anda ke bengkel untuk di cek dan di service agar hasil lebih maksimal :D

Itulah sekiranya komponen penting yang harus di cek sebelum perjalanan jauh mudik lebaran. Bagi yang mudik semoga selamat sampai tujuan, dan selamat Idul Fitri.

Temukan Via Facebook