Ini dia Penyebab bau dari luar masuk kabin

Ini dia Penyebab bau dari luar masuk kabin dan seringkali ditemui karena kita menggunakan mode fresh pada pengaturan ac mobil, hal ini bisa ditemukan pada kendaraan – kendaraan yang dilengkapi sirkulasi udara luar.
Bau dari luar seperti halnya asap knalpot dari mobil di depan akan masuk melewati sistem ac jika terlalu lama menggunakan sirkulasi udara luar. Di samping itu mode fresh air juga akan mempengaruhi temperatur udara di dalam kabin saat ac dihidupkan terkadang akan membuat ac kurang dingin.
Pada ac mobil terdapat aktuator yang memberi kita pilihan untuk menggunakan sirkulasi udara luar atau sirkulasi udara dalam kabin. Jika menggunakan pilihan sirkulasi udara luar maka udara luar akan dihisap oleh blower masuk ke evaporator keluar lewat grill ac di dashboard.
Tidak semua jenis kendaraan memiliki aktuator untuk sirkulasi udara luar (fresh air) mungkin dengan pertimbangan ukuran kabin, seperti contoh avanza xenia tidak ada sirkulasi udara luarnya pada sistem ac yang digunakan,tetapi pada kebanyakan kendaraan tetap dilengkapi sirkulasi udara dari luar.
Image result for panel ac mobilPanel Pada Ac Mobil
Terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator buntu dan tersumbat pada kisi-kisinya atau filter evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebab ac kurang dingin dan ac mobil bau.
Gambar rumah evaporator ac mobil kijang Innova
Udara luar atau asap yang masuk kedalam kabin akan mengganggu dengan bau tidak enak, jika aktuator sudah dipilih untuk sirkulasi udara dalam kabin, tetapi asap masih tetap bisa masuk ada kemungkinan terdapat lubang tidak tertutup di antara ruang mesin dan kabin. Atau aktuator untuk sirkulasi udara luar tidak bisa menutup dengan baik.
Update: beberapa waktu lalu kebetulan juga ditemui, meskipun sirkulasi udara luar tidak digunakan tetapi asap dari mobil didepan masih tercium masuk kekabin dan penyebabnya adalah plastik saluran udara dari luar tertekuk atau tidak menutup dengan sempurna, silakan lihat gambar dibawah pada tanda panah tertekuk sehingga meskipun sudah menggunakan sikulasi udara didalam kabin asap dan bau dari luar masih masuk.
Dan cara mengatasi atau memperbaiki dengan meratakan ulang bagian yang tertekuk tersebut serta menambahkan busa.

Beberapa tempat atau lubang yang perlu diperiksa jika bau dari luar masuk kabin adalah:
  • Lubang untuk jalur kabel dari ruang mesin ke kabin
  • Lubang untuk shaft steer
  • Lubang untuk pipa ac menuju evaporator atau pipa heater
  • Lubang untuk saluran buang air kondensasi
Semoga bermanfaat.

Temukan Via Facebook