CARA INSTALASI LAMPU LED STRIP

CARA INSTALASI LAMPU LED STRIP


Assalamualaikum wr. wb

Bro and sis kali ini gw mau share ke kalian cara instalasi lampu LED strip di mobil/rumah. sebelumnya untuk yang belum tau LED strip itu apa gw akan jelasin. LED strip/lampu kolong adalah generasi terbaru dari lampu led yang cocok dipasang di medan sempit dan tidak bisa dijangkau oleh lampu bohlam. lampu ini cukup terang dan konsumsi listrik yang sedikit. LED strip ini dibagi menjadi 2 macam yaitu
1. LED Strip SMD 3528 
LED ini memiliki panjang 5 meter dengan 60 Mata LED per meter. karena ukuran mata lampunya kecil jadi lampu LED ini tidak terlalu terang dan pastinya konsumsi listriknya sedikit dan tidak bisa berganti warna. tersedia pilihan warna Putih, biru, dan merah. umur pemakaiannya adalah 30.000 jam.

 1. LED Strip SMD 5050





 
Lampu LED ini memiliki panjang 5 meter dan 60 mata lampu per meter. karena ukuran mata lampu yang besar jadi cahaya yang dihasilkan pun sangat terang tentu harganya lebih mahal dari yang pertama. led ini bisa berganti warna. dilengkapi juga dengan remote controlnya. umur pemakaiannya adalah 30.000-50.000 jam.

Ok kalo udah tau LED strip itu apa kita langsung menuju cara instalasinya.

Bahan/Alat-Alat:
1. Lampu LED Strip (bebas mau yang SMD 5050/3528.
2. kabel 2 warna, panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
3. Alat Solder dan timahnya
4. Cutter
5. Baterai 12 V DC
6. Adaptor&Power supply (jika ingin melakukan pemasangan di rumah)
7. Connector
8. Sakelar 

Cara:
1. Potonglah LED Strip sesuai kebutuhan anda (potong di tempat yang sudah diberi tanda/bisa dipotong setiap 3 mata lampu).
2. Pasangkan kabel dengan ujung LED-nya dengan cara disolder. perhatikan postif&negatif nya jangan sampai tertukar karena apabila tertukar pada saat nanti dipasangkan bisa terjadi konsleting.
3. Sambungkan Kabel ke sakelar dan ke baterai.
4. Beri double tip 3M di belakang lampu dan tempelkan ke tempat yang diinginkan
5. Nyalakan sakelar dan lihat hasilnya. (apabila ingin disambungkan ke stop kontak AC bisa melalui adaptor/power supply terlebih dahulu baru di colokkan ke stopkontak)

Bagaimana, cukup mudah kan?
LED Strip ini bisa diaplikasikan di dashboard mobil, body motor, etalase, dan bagian sempit lainnya.Oh ya lampu LED strip ini bisa didapat di toko listrik/modifikasi mobil&motor dengan harga yang cukup terjangkau. bila anda tinggal di daerah bandung, lampu LED ini bisa dengan mudah anda dapatkan di JL. ABC, Kota Bandung.

ini adalah contoh pengaplikasian LED strip:




 Sekian postingan saya kali ini. mohon maaf bila ada kesalahan.
Wassalamualaikum wr. wb 

Temukan Via Facebook