Lima Penyebab Aki Cepat Tekor
Jakarta - Lagi bermasalah dengan aki
motor yang sering ngedrop? Tenang mas bro, tak usah panik maupun
bingung. Sebelum memvonis aki jelek atau peranti tertentu bermasalah,
sebaiknya dicek dan diteliti terlebih dulu peranti yang berhubungan
dengan aki.
“Ada beberapa hal yang menyebabkan aki cepet tekor. Terutama bila tunggangan sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa adanya penyesuaian. Yakni karena bore-up, pemasangan klakson mobil atau model keong dan aplikasi lampu HID,” ujar Basio, mekanik Matic Shop (MS) di bilangan Ciledug, Tangerang.
Adi, wakil kepala mekanik Honda Cipulir Motor (HCM) pun menambahkan. “Stop lamp menyala terus juga bikin aki cepat tekor. Kemudian kiprok rusak dipastikan bikin aki cepat ngedrop,” ungkapnya.
“Ada beberapa hal yang menyebabkan aki cepet tekor. Terutama bila tunggangan sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa adanya penyesuaian. Yakni karena bore-up, pemasangan klakson mobil atau model keong dan aplikasi lampu HID,” ujar Basio, mekanik Matic Shop (MS) di bilangan Ciledug, Tangerang.
Adi, wakil kepala mekanik Honda Cipulir Motor (HCM) pun menambahkan. “Stop lamp menyala terus juga bikin aki cepat tekor. Kemudian kiprok rusak dipastikan bikin aki cepat ngedrop,” ungkapnya.
Klakson
Pemasangan klakson mobil di motor memang banyak
dilakukan para pemilik motor. Namun peranti ini juga butuh suplai
tegangan listrik yang cukup besar. Nah biar aki enggak gampang tekor,
sebaiknya ditambah relay untuk menyetabilkan arus listrik
Kiprok
Peranti ini berfungsi mengatur pengisian aki.
Tapi kalau rusak atau bermasalah, efeknya aki overcharger maupun
sebaliknya, yang berujung cepat tekor. Untuk mengetahui pengisiannya
normal atau tidak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama. Gas
dipanteng pada putaran mesin antara 4.000-5.000 RPM. Pengisian bagus
tegangannya antara 14-15 Volt. Kurang dari 14 Volt atau lebih dari 15
Volt, berarti sistem pengisiannya tidak normal karena kiprok bermasalah
Bore-up
Banyak tunggangan yang sudah bore-up gede-gedean,
tapi spul dinamo starter tidak ikutan di-upgrade. Ahhasil karena
kompresi tinggi, dinamo starter enggak kuat untuk starter. Lantaran
dipakas terus, akibatnya aki cepat ngedrop
HID
Meski lebih terang dari lampu standar pabrik,
namun peranti ini juga butuh suplai listrik lebih besar. “Enggak sedikit
pebengkel yang hanya pasang lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada
spul pengisian. Akibatnya aki cepat ngedrop,” ungkap Basio
Stop Lamp
Banyak kejadian stop lamp menyala terus, tapi
sang empunya tunggangan enggak memperhatikan. Akibatnya arus listrik
dari aki kesedot terus selama mesin hidup. Tak heran pula kalau aki
cepat tekor. “Biasanya terjadi karena setelan switch rem belakang
berubah atau peranti tersebut memang rusak,” imbuh Adi