Cara Tepat Memilih Mur Racing Pada Roda
Mur Racing Pada Roda |
Tren Penggantian Mur pada roda dengan mur bergaya racing memang lagi menjamur. Lihatlah saja beberapa mur pada pelek mobil
nampak menonjol dari lubang baut pada roda. Sebenarnya sah-sah saja
bagi anda yang ingin tampilan mobil anda terlihat lebih catcy. Namun
agar nantinya tidak menimbulkan masalah, dalam pemilihanaya pun harus
diperhatikan.
Dipasaran banyak sekali beredar mur-mur roda yang bergaya racing dengan
harga yang bervariasi. Salah satunya adalah merek Replika D1 Spec yang
dibanderol dengan harga 300 ribu untuk 1 setnya (20 buah). Mur jenis ini
berbahan alumnium, jika dibandingkan dengan bawaan pabrik tentu lebih
kuat yang bawaan pabrik. Jika anda ingin mengganti mur roda atermarket
yang bergaya racing sebaiknya jenis serta ukuran pelegnya. Jika ukuranya
sudah naik diatas 3 inchi dari standar sebaiknya jangan dipilih. Selain
penggunaan mur berbahan almunium, mur berbahan stainlees juga harus
diperhatikan. Ketika kondisi roda masih dalam keadaan panas jangan
membuka baut roda karena bisa mengakibatkan drat tergerus.
Berbeda jika anda menggunakan mur roda racing
yang original seperti merek SSR, Reys, ataupun Enkei yang biasanya
memiliki 2 jenis mur roda yaitu jenis duralumin dan floating. Jenis
Floating memiliki dinding miring di sekeliling mur yang berfungsi untuk
mencegah kerusakan pada pelek. Namun untuk urusan harga, mur roda jenis
ini memang agak mahal. Biasanya dipasaran dibanderol dengan kisaran
harga 1,8 juta hingga 3 juta. Meskipun cukup mahal namun sebanding
dengan kualitasnya.
Nah dengan memperhatikan tips diatas semoga bisa membantu anda dalam memilih mur roda yang bergaya racing. Namun jika anda memilih untuk menggantinya dengan mur standar perhatikan juga jenisnya. Setidaknya ada dua jenis mur roda
standar yaitu jenis cone dan sleeve. Perlu anda ketahui bahwa mur jenis
cone tidak bisa diaplikasikan pada kendaraan yang menggunakan mur jenis
sleeve begitu juga sebaliknya.