Saatnya berangkat kerja, tiba-tiba mesin sepeda motor tak mau
dinyalakan. Kalau sudah begini, hari serasa menjadi lebih berat,
terlebih ketika Anda tengah diburu waktu.
Mesin sepeda motor ngadat bukanlah tanpa alasan. Pertama, hal itu
bisa disebabkan setelan angin pada karburator kurang terbuka sehingga
proses pengabutan, proses ketika bahan bakar bercampur udara untuk
pembakaran tidak berjalan sempurna.
Cara penanggulangannya adalah menyetel sekrup angin pada karburator.
Agar tidak menambah masalah berarti, sebaiknya hal ini dilakukan di
bengkel langganan. Teknisi bisa sekaligus menilik ada-tidaknya komponen
dalam sistem pengabutan yang rusak, misalnya pada bagian insulator.
Bagian ini antara lain berfungsi memastikan campuran udara dan bahan
bakar berputar di ruang bakar.
Penyebab lain bisa juga karena karburator kotor sehingga mesin sulit
dihidupkan. Karburator kotor mungkin terjadi jika sang pemilik lalai
melakukan servis berkala. Oleh karena itu, ikutilah petunjuk perawatan
yang benar sesuai buku manual dan lakukan setiap prosesnya dengan tepat.
Jadwal penggantian oli, servis rutin, hingga pembaruan ban, tertulis
lengkap untuk disimak.
Pastikan, ketika proses karburator dibersihkan, teknisi juga
meniadakan kotoran dari bagian saringan bensin. Pasalnya, bagian ini pun
berperan penting dalam kelancaran proses pembakaran.
Penyebab lain mesin sulit dihidupkan adalah kondisi pengapian yang
lemah akibat busi sudah aus. Lubang busi juga harus bersih dari kotoran
dan debu yang menempel agar tidak menghalangi proses pengapian.
Pastikanlah Anda menggunakan busi asli untuk mendapat performa prima.
Komponen mesin lainnya yang bisa menjadi penyebab bermasalahnya mesin
adalah kondisi aki yang tidak baik. Penyebabnya antara lain jumlah
cairan elektrolit yang tidak sesuai, kondisi kabel yang tidak baik, atau
terjadinya endapan kotoran di lubang-lubang aki.
Pemeriksaan kondisi mesin secara berkala adalah satu langkah mudah
untuk menghindari terjadi banyak kesulitan pada kemudian hari. Apakah Anda sudah melakukannya hari ini?