Jangan Buru-buru Bawa ke Bengkel Kalau Lampu Mobil Padam

Jangan Buru-buru Bawa ke Bengkel Kalau Lampu Mobil Padam
Saat hendak mengemudikan mobil di malam hari, sebelum jalan, pastikan lampu utama (depan) berfungsi dengan baik. Karena pernah kejadian, mobil baru dan akan dilakukan test drive. Ternyata, satu lampu dari sistem penerangan jalan pada kendaraan itu yang sudah menggunakan model HID (High Intensity Discharge), padam.

Mengalami kejadian seperti ini jangan langsung memvonis membawa ke bengkel. Sebaiknya, periksa dulu. Bisa saja sumbernya dari komponen lain karena lampu jarang rusak,atau korsleting. 

Untuk pemeriksaan, coba ikuti panduan ini


  1. Periksa seluruh sambungan dan coba goyangkan secara perlahan-lahan (lampu dalam keadaan dinyalakan). Bisa saja sambungan soket kendur atau kotor. Bersihkan dengan contact cleaner dan sambungkan kembali.
  2. Ternyata tetap tidak menyala, pindah ke ballast. "Gejalanya, lampu redup atau berubah warna atau keduanya menyatu," bilang Dandan. Mengetahui ballast mati, salah satu cara, tukar posisi lampu. Ternyata menyala, berarti komponen tersebut mati.
  3. Periksa kabel ground. Kondisi yang jelek, kotor, tidak kencang, atau kabel tidak duduk sempurna akan mengganggu kinerja lampu.
  4. Lanjutkan ke fuse atau sekring. Komponen ini di cek jika kedua lampu mati karena kelebihan beban atau memang sudah umur.
  5. Seandainya semua normal (untuk mobil dengan jarak tempuh cukup jauh) dan tetap mati, sumbernya pada bohlam. Karena, HID memiliki umur pakai 3.000 jam. 
Demikian sedikit tentang tips mnghadapi lampu mobil yang mati semoga bermanfaat. 

Temukan Via Facebook