Selamat siang sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda semua informasi mengenai karburator yaitu cara kerja karburator motor setelah sebelumnya cara modifikasi motor bebek jadi trail yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.
Okey, untuk mempersingkat waktu langsung saja dibaca berikut cara kerja dari karburator mesin 4 tak atau 2 tak.
Okey, untuk mempersingkat waktu langsung saja dibaca berikut cara kerja dari karburator mesin 4 tak atau 2 tak.
Cara Kerja Dari Karburator Mesin 4 Tak atau 2 Tak
Mengapa saya bedakan cara kerja karburator ini menjadi 2, yaitu pada motor 4 tak dan pada motor 2 tak ?. Untuk mengetahui jawabannya langsung saja simak pembahasan dibawah ini.
Cara kerja karburator pada motor 4 tak
Untuk motor 4 tak cara kerja karburatornya yaitu pada saat mesin berada dalam keadaan hidup dan handle gas dibuka maka akan berakibat skep gas tertarik sehingga membuat udara akan masuk melewati lubang skep, dan pada waktu yang bersamaan spuyer bahan bakar juga akan membuka saluran bahan bakar. Maka dengan hal itu mengakibatkan bercampurnya bahan bakar dengan udara karena terjadi dari hisapan piston pada saat melakukan gerakan turun pada langkah hisap (Intake Stroke). Cara kerja ini biasanya disebut penguapan yaitu mengubah bahan bakar cair menjadi gas atau juga sering disebut kebanyakan orang pengabutan.Cara kerja karburator pada motor 2 tak
Untuk motor 2 tak sebenarnya cara kerja karburatornya tidak jauh berbeda dengan 4 tak dan menurut informasi yang saya dapatkan dari yahoo answer, yang membuat beda antara karbu 2 tak dan 4 tak itu pada desain jet needle (jarum) dan port-port yang berdiameter lebih besar bila dibanding dgn 4 tak..
ini karena 2 tak menggunakan ruang kompresi sekunder, sehingga campuran gas harus dibuat lebih kaya agar tidak terjadi kekosongan tenaga.
Dan juga campuran yang kaya ini akan mempercepat proses squishing (langkah bilas) pada engine 2tak. Makanya kalo karbu 2 tak langsung caplok ke 4 tak, bisa bikin engine 4 tak kebanjiran.
ini karena 2 tak menggunakan ruang kompresi sekunder, sehingga campuran gas harus dibuat lebih kaya agar tidak terjadi kekosongan tenaga.
Dan juga campuran yang kaya ini akan mempercepat proses squishing (langkah bilas) pada engine 2tak. Makanya kalo karbu 2 tak langsung caplok ke 4 tak, bisa bikin engine 4 tak kebanjiran.
Nah sampai disini menurut anda bagus mana antara cara kerja karburator motor 4 tak atau motor 2 tak ?. Sampai disini perjumpaan kita kali ini dan terima kasih sudah berkunjung pada cara kerja karburator motor injeksi maupun bebek terlengkap.