Cara Memperbaiki Vespa Karena Busi

Walaupun sudah jarang yang memiliki, sepeda motor jenis vespa masih tetap ada yang menyukainya. Hal tersebut dikarenakan sepeda motor jenis vespa ini memiliki nilai seni tersendiri. Memang tidak bisa dipungkiri, karena sudah berumur tua sepeda motor vespa mengalami banyak masalah. Salah satu masalah yang kerap muncul pada sepeda motor vespa adalah masalah pada busi. Pada saat perjalanan sering dijumpai sepeda motor mogok karena businya yang sudah rusak. Sebagai pengguna vespa tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki vespa karena busi yang rusak tersebut.
Cara Memperbaiki Vespa Karena Busi
Memang busi pada vespa merupakan masalah yang rumit. Hal tersebut dikarenakan untuk bisa memperbaiki vespa karena busi yang rusak kita cukup menggantinya dengan yang baru. Namun kondisi tersebut merupakan kondisi ketika kita bisa mendapatkan busi baru dengan mudah. Lantas bagaimana caranya apabila kita kesulitan untuk mendapatkan busi vespa yang rusak tersebut? Misalkan kondisi kita ada di malam hari atau ada di sebuah tempat yang cukup sulit untuk menemukan bengkel?
Kalau kondisi kita pada posisi sulit untuk mendapatkan busi vespa yang baru, maka kita harus mencoba memanfaatkan busi lama pada vespa tersebut. Beberapa langkah bisa kita coba aplikasikan supaya busi yang rusak pada vespa masih bisa hidup kembali, walaupun untuk jangka waktu yang tidak lama. Minimal untuk kepentingan darurat saja. Beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki sepeda motor vespa akibat busi yang rusak tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Lepaskan besi dari tempat dudukannya
  2. Bersihkan bagian kepala besi. Tujuan dari pembersihan kepala busi ini adalah untuk menghilangkan bagian kerak atau korosi yang ditimbulkan dari hasil pembakaranpada vespa tersebut. Biasanya busi yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama akan terdapat banyak sekali sisa pembakaran berupa plat warna hitam. Membersihkannya, anda bisa membersihkan sikat kawat sehingga plat hitam pada ujung kepala busi bisa hilang atau rontok.
  3. Setelah tahapan ini selesai, anda bisa memasang kembali busi tersebut ke vespa dan silahkan di hidupkan. Apabila pada tahapan ini belum juga membuahkan hasil, maka anda bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Silahkan anda lepaskan lagi busi dari tempat dudukannya
  4. Silahkan anda lap bagian busi, lalu pecahkan bagian kaca atau beling pada busi. Proses ini merupakan proses final yang tidak bisa diulang atau dikembalikan. Dan proses ini juga tidak ada jaminan 100 persen bisa berhasil. Proses pemecahan bagian kaca atau beling pada busi merupakan sebuah alternatif yang bisa ditempuh ketika proses pembersihan busi sudah tidak bisa bekerja. Resikonya memang cukup besar dan hanya ada dua kemungkinan, antara berhasil atau busi menjadi mati total.
  5. Jika anda sudah melakukan langkah diatas, silahkan anda coba lagi pasang busi pada vespa anda. Setelah itu cobalah untuk menyalakan mesin vespa.
Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara memperbaiki vespa yang mogok akibat busi rusak. Semoga saja artikel di atas bisa membantu anda dalam mengatasi permasalahan pada vespa yang mogok. Minimal artikel di atas akan bisa menambahkan pengalaman dan wawasan anda di dunia otomotif terutama di bidang pada motor jenis vespa. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Temukan Via Facebook