Cara Memperbaiki Kiprok Sepeda Motor Terbaik

Cara Memperbaiki Kiprok Sepeda Motor Terbaik
"Campuran Otomotif" Kiprok dalam sepeda motor memiliki peranan yang cukup penting. Fungsi utama dari kiprok adalah menangani seluruh kelistrikan yang ada di sepeda motor. Secara umum kiprok juga berfungsi sebagai regulator. Dengan menggunakan kiprok, seluruh kelistrikan pada sepeda motor akan diatur, mulai dari kelistrikan dengan arus searah atau DC maupun kelistrikan arus bolak balik atau AC.
Fungsi yang pertama dari kiprok pada sepeda motor adalah sebagai charger atau pengisi ulang. Salah satu tegangan keluaran dari kiprok digunakan untuk melakukan pengisian ulang daya pada aki. Tegangan keluaran dari kiprok yang digunakan untuk melakukan pengisian ulang pada aki berkisar antara 13 volt hingga 14 volt. 
Jika fungsi ini mengalami kerusakan, maka bagian yang akan terpengaruh terlebih dahulu adalah aki. Karena tegangan pengisian ulang biasanya akan mengalami drop. Jika tegangan yang dipakai untuk mengisi ulang di bawah standart maka aku juga akan ikut drop.
Fungsi yang lain dari kiprok adalah sebagai penstabil tegangan. Tegangan yang dihasilkan oleh bagian spull ada di kisaran angka 24 volt. Angka ini merupakan angka yang cukup tinggi dan sangat merusak komponen komponen sepeda motor karena hampir seluruh komponen pada sepeda motor bekerja pada tegangan 12 volt. Oleh karena itu, tegangan 24 volt harus diubah ke tegangan 12 volt menggunakan kiprok.
Jika fungsi kiprok sebagai penstabil tegangan ini rusak, maka komponen yang akan terkena dampak pertama kali juga adalah aki. Hal tersebut dikarenakan aku akan mengalami over charger. Disamping itu, lampu yang bekerja pada tegangan 12 volt juga bisa dipastikan cepat putus. Contohnya adalah lampu utama bagian depan ataupun lampu panel pada speedometer.
Jadi apabila disimpulkan kiprok memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai regulator, sebagai penyearah tegangan dan sebagai penstabil tegangan. Dengan adanya beberapa peran tersebut, maka sistem kelistrikan pada sepeda motor akan bisa dipenuhi oleh komponen kiprok.
Demikianlah sedikit penjabaran mengenai fungsi dari kiprok pada sepeda motor. Semoga tambahan wawasan akan didapat dari tutorial sederhana artikel ini. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali preindo.com dan dapatkan artikel menarik lainnya.

Temukan Via Facebook