Persaingan yang cukup ketat pada pasar otomotif dengan segmentasi motor bebek di Tanah Air membuat jantung berbagai pabrikan otomotif menjadi berdegup cepat. Minat konsumen motor akan sebuah kuda besi yang handal ini rupanya membuat salah satu produsen motor asal Jepang merasa tertantang untuk menciptakan produk terbarunya ke pasaran. Produsen motor tersebut adalah sebuah brand dengan ciri khas lambang kebanggaan garpu tala, yaitu Yamaha. Pabrikan otomotif tersebut berusaha memenuhi permintaan konsumen dengan menciptakan produk baru dalam segmentasi anyar, yakni bebek sport. Produk terbaru tersebut adalah Yamaha Jupiter MX King 150.
Sekedar informasi saja, bahwa sebenarnya Yamaha Jupiter MX King 150 andalan Yamaha Indonesia ini telah diluncurkan terlebih dahulu di negara Asia Tenggara lainnya. Negara tersebut adalah Vietnam, melalui Yamaha Vietnam mereka telah mengenalkan Yamaha Jupiter MX King 150 ini dengan nama yang berbeda, yaitu Yamaha Exciter 150, ke publik pecinta otomotif di sana pada akhir tahun 2014 lalu. Sama seperti persaingan otomotif di Tanah Air, motor bebek terbaru ini diciptakan untuk menghadang dominasi bebek “ayam jago” dari Suzuki yakni Suzuki Raider 150 atau Suzuki Satria F 150. Menurut rumor yang beredar, justru motor Yamaha ini lebih handal dari para pesaingnya tersebut. Benarkah demikian? Lalu, seperti apakah wujud dan performa dari Jupiter MX King 150 ini?
Perbedaan Jupiter MX King 150 Dengan Jupiter MX 150
Untuk desain dan spesifikasinya sama, namun ada 12 perbedaan antara Jupiter MX King 150 dan Jupiter MX 150. Perbedaanya terletak pada fitur dan warna. Jupiter MX 150 punya tiga warna Black Sniper, Red Corner, Racing Blue. Berikut perbedaan antara Yamaha Jupiter MX King dan Jupiter MX 150:Yamaha Jupiter MX King
• Tampak dari depan: Lampu depan tipe halogen HS1, Tuas rem dan kopling dibalut dengan warna hitam, Lampu senja menggunakan LED.• Dari belakang: Lampu sein berbentuk runcing
• Handle seat: dibalut dengan warna silver kecuali motoryang berwarna hitam
• Jok: Memiliki kombinasi dua bahan dengan jahitan
• Spedometer: Memiliki warna LCD Putih, MID
• Suspensi belakang: Dibalut dengan warna kuning
• Velg: Memiliki pinstripe
• Footsteep: Tilt able
• Kaliper Rem: Dibalut dengan warna emas
Yamaha Jupiter MX 150
• Tampak dari depan: Lampu depan tipe bulb, Tuas rem dan kopling dibalut dengan warna dasar (silver), Lampu senja tidak menggunakan LED.
• Dari belakang: Lampu sein berbentuk Oval
• Handle seat: dibalut dengan warna Hitam
• Jok: menyatu satu bahan
• Spedometer: Memiliki warna merah, odometer digital
• Suspensi belakang: Dibalut dengan warna hitam
• Velg: Tidak memiliki pinstripe
• Footsteep: paten
• Kaliper Rem: Dibalut dengan warna Hitam
Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King
Desain yang modern
Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki desain yang sangat sporty, stylish dan modern. Mulai dari tampang depannya yang terlihat meruncing yang dipadukan dengan sayap atau fairing yang ramping menghasilkan sistem aerodinamis yang baik saat melaju. Untuk desain lampu utama, Yamaha Jupiter MX King 150 memang cukup simpel dan terlihat seperti bebek kebanyakan. Tapi aksen lampu kota yang berbentuk menyipit pada bagian depan dan lampu sein yang berada pada samping fairing membuat motor ini seperti menatap agresif. Lalu jika Yamaha Jupiter MX King 150 dilihat dari samping, akan memberikan aura sporty yang maksimal karena aksen mono shock dan tampilan samping yang penuh dengan lekukan tajam yang tegas. Joknya yang berukuran cukup besar dan luas pun akan memberikan kenyaman saat mengemudi. Apalagi dipadukan dengan stang khas motor bebek akan memberikan ergonomis berkendara yang sangat nyaman. Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak usah diragukan lagi, karena Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki tampilan motor super sport karena bentuk buritannya yang meruncing. Apalagi spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki sepatbor menggantung khas Yamaha YZF R6 dan dipadukan oleh stoplamp sporty yang memiliki bentuk serupa dengan motor sport khas Yamaha.Kaki-Kaki Yang Tangguh
Yamaha Jupiter MX King 150 pada bagian kaki-kakinya. Jika dilihat kaki-kakinya, motor ini memiliki ukuran besar atau gambot yang membuatnya semakin tangguh dalam melaju di jalanan kota. Pada kaki-kaki bagian depan, Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki ukuran ban 70/90 dengan velg berukuran 17 inci dan di sektor roda belakangnya dibalutkan ban berukuran 120/70 dengan velg berukuran 17 inci yang memberikan pijakan stabil dan tangguh pada motor ini. Kombinasi kaki-kaki ini memungkinkan Yamaha Jupiter MX King 150 ini untuk bermanuver pada kecepatan tinggi. Apalagi ban yang diberikan oleh pabrikan sudah memiliki jenis tubeless membuat kehandalan ban motor ini semakin tangguh untuk melaju di berbagai jenis jalanan tanpa khawatir mudah rusak atau bocor. Untuk sistem pengeremannya, Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki jenis pengereman Hydraulic Disc berdiameter 245 mm pada bagian depan dan Hydraulic Disc berdiameter 203 mm di sektor belakang yang membuat pengereman motor ini terasa mantap dan aman. Untuk sistem suspensinya sendiri, Yamaha Jupiter MX King 150 menggunakan jenis Telescopic pada bagian depannya dan Single Axle Springs yang dipadukan dengan swing arm model biasa yang akan memberikan performa handling maksimal. Pada sektor suspensi belakang ini juga terdapat beberapa titik yang membedakan MX King dengan MX 150. Pada spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 versi sport, warna suspensi atau monoshock-nya memiliki corak cerah dan pada velg-nya dilengkapi dengan pin stripe. Sedangakan MX 150 versi standar memiliki suspensi berwarna hitam tanpa pin stripe di velg-nya.Dimensi
Yamaha Jupiter MX King 150 di bagian dimensi atau ukurannya, motor bebek sport Yamaha ini terlihat pas dan mantap untuk dikendarai. Menggunakan jenis frame steel pipes yang mengaplikasikan desain diamond structure membuat motor ini tangguh dan stabil dalam melaju di berbagai kondisi jalan perkotaan. Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 sendiri memiliki dimensi berukuran 1.970 x 670 x 1.080 mm dengan ketinggian tempat duduk 780 mm dan jarak roda mencapai 1.290 mm. Ukuran tubuh seperti ini membuat Yamaha Jupiter MX King 150 terasa sangat nyaman untuk dikendarai. Bahkan dengan dimensi tersebut, pengendara juga dapat melakukan berbagai manuver dalam kecepatan tinggi. Apalagi bobotnya yang memiliki ukuran 115 kg, membuat Yamaha Jupiter MX King 150 ini semakin terasa responsif saat melaju di jalanan. Kapasitas tangki penyimpanan bahan bakarnya yang sanggup menampung hingga 4.2 liter dirasa sudah cukup untuk menyuplai bahan bakar kala melakukan perjalanan jarak jauh.Dapur Pacu
Yamaha Jupiter MX King 150 mengandalkan mesin berkapasitas besar di atas rata-rata motor bebek saat ini. Dampaknya tentu saja dapat memberikan performa yang powerfull dan tangguh. Yamaha MX King 150 ini memiliki mesin berkapasitas 149.7 cc yang terdiri dari 1 silinder, SOHC 4 katup, berpendingin mesin Liquid Cooled dan memiliki kompresi pembakaran 10.4 : 1. Kombinasi mesin pada Yamaha Jupiter MX King 150 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 15.4 PS pada putaran mesin 8.500 RPM dengan torsi maksimal mencapai 13.8 Nm pada putaran mesin 7.000 RPM. Tenaga pada Yamaha Jupiter MX King 150 tersebut disalurkan melalui transmisi manual Full Cluth Centrifugal Wet yang memiliki 5 percepatan. Dengan tenaga tersebut, motor ini terasa sangat responsif baik itu untuk berakselerasi atau meraih top speed. Apalagi, mesin Yamaha Jupiter MX King 150 juga didukung oleh bobot yang relatif ringan sehingga membuat motor ini mampu menghasilkan PWR (Power Weight to Ratio) yang cukup besar. Bahkan, kemampuan Yamaha Jupiter MX King 150 bisa ditandingkan dengan motor sport batangan 150 cc 4 tak lainnya. Untuk sistem penyuplai bahan bakar, Yamaha menyematkan sistem Fuel Injection (FI) dengan 1 injector yang membuat semprotan bensin akan stabil dan memberikan performa yang optimal serta memberikan konsumsi bahan bakar yang efisien.Berikut adalah daftar spesifikasi lengkap Yamaha Jupiter MX King.
Mesin | |
Tipe mesin | 4-stroke, 4-valve, SOHC, berpendingin cairan |
Jumlah silinder | Silinder tunggal |
Kapasitas silinder | 149,7 cc |
Diameter dan stroke | 57,0 x 58,7 mm |
Rasio kompresi | 10,4: 1 |
Daya maksimum | 11.3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm |
Torsi maksimum | 13,8 N·m (1,4 kgf·m) / 7.000 rpm |
Sistem pelumasan | Karter basah |
Kapasitas oli mesin | 0,97 L pada penggantian periodik |
Kapasitas tangki bahan bakar | 4,2 liter |
Sistem bahan bakar | Injeksi (1 injector) |
Kelistrikan | |
Sistem pengapian | T.C.I digital |
Bateray | YTZ4V / GTC4V (MF bateray 3 Ah) |
Busi | NGK-CR8E |
Rangka | |
Tipe rangka | Pipa baja – struktur intan |
Ukuran roda depan | 70/90-17M/C 38P (tubeless) |
Ukuran roda belakang | 120/70-17M/C 58P (tubeless) |
Rem depan | Cakram hidrolik (diameter 245,0 mm) |
Rem belakang | Cakram hidrolik (diameter 203,0 mm) |
Suspensi depan | Telescopic |
Suspensi belakang | Mono shock |
Dimensi | |
P x L x T | 1,970 mm x 670 mm x 1.080 mm |
Tinggi jok | 780 mm |
Berat | 115 kg |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm |