Cara Terlengkap Balapan Motor Drag
Sekarang ini sangat banyak EO atau Event Organizer yang mengadakan perlombaan balapan drag di berbagai kota. Seperti yang ada di kota saya ini, dalam 5 bulan sudah ada 3 balapan di gelar dan dalam balapan drag, teknik-teknik khusus seperti cara start, posisi badan, dan tata cara lomba harus di perhatikan dan di terapkan agar mampu bersaing dengan motor drag lawan dan mennjadi juara.
Cara Start Balapan Motor Drag
Kita semua pasti tau dalam balapan drag garis start merupakan garis penentu kemenangan, karena jika di start kita kalah dan performa motor drag kita sama dengan lawan bisa dipastikan kalau kita akan kalah cepat. Jadi dalam balapan drag anda harus mengetahui cara start balapan drag.
Posisi Badan Saat Balapan Motor Drag
Selain cara start, posisi badan saat berada di lintasan balap harus diperhatikan juga bro. karena jika start kita menang tetapi posisi badan kita salah saat balapan maka kecepatan motor kita bisa berkurang tanpa kamu sadari. Jadi dalam balapan motor drag anda juga harus mengetahui posisi badan yang tepat saat balapan drag.
Tata Cara Lomba Balapan Motor Drag
Selain teknik balapan, anda juga harus mengerti tata cara lomba agar bisa mengikuti kegiatan balapan drag yang ada.
- Balapan motor drag dilaksanakan dalam 2 heat.
- Urutan start Heat kedua berdasarkan hasil dari Heat Pertama dan waktu terkecil pertama start dahulu, dilanjutkan urutan waktu terkecil kedua dan
seterusnya. - Pada saat peserta masuk ke area starting, peserta akan ditentukan panitia jalur mana yang akan dipergunakan peserta tersebut (jalur A atau B),
dengan jalur yang berbeda setiap heat. - Peserta wajib membawa kendaraannya dan hadir ditempat start sesuai dengan jadwal start untuk kelas tersebut.
- Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas tersebut dianggap mengundurkan diri.
- Tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting.
- Tidak diperbolehkan memindahkan gigi dengan tangan.
- Kedua tangan harus memegang stang kendaraan dan tidak diperbolehkan mengangkat kaki, baik sebelah maupun kedua-duanya keatas jok.
- Peserta yang mencuri start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi.
- Start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala.
- Perlombaan ini terdiri dari dua heat yang mengambil waktu tempuh tercepat dalam detik dan pecahannya (Best time).
- Pencatatan waktu dilakukan digaris Finish yang dilakukan dengan alat cetak dan didukung pencatatan biasa (alat cetak waktu bukan suatu keharusan).
- Hasil waktu tempuh peserta yang dikeluarkan oleh kamar hitung adalah mutlak dan tidak dapat diprotes/diganggu gugat.
- Jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua.
- Bila masih sama, untuk menentukan pemenang dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil.
- Ada atau tidaknya suatu protes panitia berhak memerintahkan pembongkaran mesin kendaraan peserta. Sanksi : Diskualifikasi.