Jakarta - Siapa bilang lampu jenis LED
atau Light Emitting Diode itu enggak bisa putus atau mati? Bisa bro.
Enggak cuma bisa putus, LED itu juga ada batas usia pakainya.
“Masa berfungsinya LED itu sekitar 30.000 jam. Dan yang pasti, LED itu bisa mati meskipun umur pakainya belum lama,” kata Wiet, spesialis lampu motor yang bengkelnya di kawasan Palmerah Barat, Jakbar.
Perangkat yang saat ini sudah mulai dipergunakan di motor-motor keluaran anyar itu, bekerja saat dialiri arus searah (DC). Contoh di model Honda All New BeAT eSP dan Vario 150, yang sudah menggunakan LED di head lamp.
Nah, bagaimana LED itu bisa mati? • (otomotifnet.com)
“Masa berfungsinya LED itu sekitar 30.000 jam. Dan yang pasti, LED itu bisa mati meskipun umur pakainya belum lama,” kata Wiet, spesialis lampu motor yang bengkelnya di kawasan Palmerah Barat, Jakbar.
Perangkat yang saat ini sudah mulai dipergunakan di motor-motor keluaran anyar itu, bekerja saat dialiri arus searah (DC). Contoh di model Honda All New BeAT eSP dan Vario 150, yang sudah menggunakan LED di head lamp.
Nah, bagaimana LED itu bisa mati? • (otomotifnet.com)
Pada umumnya skutik memiliki arus listrik 3,5 A
(Ampere) sedangkan LED maksimal bisa menerima arus 20 mA. Bila arus
yang diterima lebih dari angka maksimalnya, maka LED bisa mati
Agar arus listrik dari motor bisa diterima LED,
biasanya ada perangkat modul khusus. Kerja dari modul ini menstabilkan
arus yang masuk sesuai dengan kebutuhan LED. Soal bentuknya, bisa
berbeda antara yang standar pabrik dengan rakitan
Modul khusus itu bisa rusak karena overheat.
Oleh karenanya, perangkat tersebut selalu menempel pada part pendingin
(heatsink) yang terbuat dari alumunium
Korsleting pada kabel yang menuju ke modul LED,
bisa juga jadi penyebab matinya penerangan motor. “Makanya ada pengaman
berupa sekring, sebelum kabel bodi masuk ke modul,” tutur pak Wiet
Buat yang mau ganti head lamp model bohlam ke
LED, Wiet kasih kisaran harga Rp 350 ribu. Itu sudah termasuk LED,modul
dan ongkos pasang
by:(otomotifnet.com)